Rabu, 09 Juni 2010

karya tulis

Karya tulis


ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU
DENGAN METODE ECONOMI ORDER QUANTITY


UNIVERSITAS GUNADARMA
Disusun Oleh :
Nama : Ester Lina Betaria
NPM : 20208458
Kelas : 2EB06
Jurusan : Akuntansi

Kata pengantar
Puji dan syukur karna saya bias memyelasaikan karya tulis yang berjudul “ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE ECONOMI ORDER QUANTITY”.saya harpak karya tulis ini bias bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkannya.untuk pengetahuan dapat juga sebagai bahan untuk perbandingan.

ABSTRAKS

Dalam suatu periode tertentu,perusahaan melakukan beberapa kali pembalian bahan baku. Tetapi ada kalanya jumlah kebutuhan bahan baku tersebut dipenuhi dalam satu kali pembelian. Oleh karena itu, dalam melakukan pembelian dan penyimpananbahab baku tersebut.menimbulkan adanya beberapa biaya, maka perusahaan harus memiliki pengeluaran biaya yang paling rendah
Maka akan dilakukan penerapan dengan menggunakan metode EOQ. Metode EOQ adalah jumlah setiap kali pembelian bahan baku yang disertai dengan biaya yang minimal atau jumlah pemesanan yang ekonomis



BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Dengan semakin pesatnya perkambangan diindonesia dalam berbagai hal, telah mempengaruhi Indonesia untuk lebih fleksibel dalam meningkatkan perkembangannya terutama dalam bidang perekonomian. Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat dewas ini, mengharuskan perusahaan bertindak dengan hati-hati dan cermat dalam menentukan kebijakan strategi usahanya untuk menghindari adanya langkah keliru yang dapat mengakibatkan kasalahan yang mempengaruhi semua kebijakan perusahaan secara keseluruhan yang mungkin dapat mengancam kelangsungan hidup perusahaan tersebut.
Salah satu kebijakan tersebut adalah pengendalian persediaan. Penngandalian persediaan merupakan fungsi manajerial yang sangat penting, karena persedian fisik perusahaan merupakan investasi terbesar pada pos akriva lancer. Dan apa bila perusuhaan kekurangan persediaan bahan mentah akan mengakibatkan adanya hambatan-hambatan proses produksi. Kekurangan persediaan barang dang akan mnimbulkan kekecewaan pada langganan dan mengakibatkan perusahaan kehilangan mereka, ini berarti perusahaan akan kehilangankesempatan untuk memperoleh laba yang seharusnya bisa ia dapatkan.



Disamping itu, maksud perusahan memiliki persediaan adalah untuk menjaga kelancaran operasional. Persediaan bahan baku yang tinggi memungkinkan perusahaan untuk memenuhi permintaan yang memendadak, meskipun demikian pembelian bahan baku yang tinggi akan mengakibatkan perusahaan memerlukan madol kerja yang besar.
Masalah utama yang ingin dicapai oleh pengendalian persediaan adalh memimimumkan biaya operasi total perusahaan, sehingga ada dua keputusan yang perlu diambil dalam hal ini adalh beberapa jumlah yang harus dipesan setiap kali pemesanan dan kapan pemesanan tesebut dilakukan. Denga latar belakang ini penulis terdorong untuk mengambilnya kedalam tugas penulisa bank dan lembaga keuangan. Berdasrkan pertimbangan tersebut, maka penulisan memilih judul : “ Analisis Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economi Order Quantity .

1.2 Metodologi Penulisan
Dalam menyusun ini, penulis menggunakan 1 metode penelitian, yaitu :
1. Metode Riset Kepustakaan ( Library research Method )
Yaitu penulisan melakukan riset dengan mengadakan penelitian kepustakaan dengan cara mempelajari dan membaca berbagai literatur buku yang ada hubungannya dengan pembahasan masalah yang akan dibahas sehingga dapat dijadikan landasan teoritis yang dapat mendukung penulisan ini








BAB III
PENUTUP


Kesimpulan dan saran penulis
Kesimpulannya bahwa dengan adanya persediaan barang yang sangat penting ini, maka perusahaan dapat memanfaatkan perrsediaan barang untuk mengetahui kualitas barang dengan dan perusahaan juga bisa berhemat dengan cara penggolongan barang yang sesuai dengan jenisnya. Dalam penulisan ini, penulis ingin mengetahui kuantitas pesanan persediaan bahan baku , dan tugas ini bisa dibaca oleh semua orang. Dan bisa menambah pengetahuaan mahasiswa dalam pegertian persediaan.


Daftar pustaka
1. www.geogle.com persediaan barang
2. www.geogle.com pengertian persediaan bahan baku
3. www.geogle.com jenis-jenis persediaan bahan baku
4. www.geogle.com tentang makalah ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar