Rabu, 09 Juni 2010

parfum bisa merusak sperma

Senyawa “Rahasia” Parum Bisa Merusak Sperma
Cologne dan parfum banyak dipakai orang –orang untuk membuat tubahnya harum. Tapi sebuah studi menunjukan bahan ‘rahasia’ yang dapat memberikan aroma khusus pada cologne ternyata bisa merusak sperma.

Penelian menganalisis komposisi dari 17 jenis parfum dan cologne. Dari studi ini diketahui bahwa banyak produk yang menggunakan bahan tertentu untuk aromanya mengandung senyawa yang memilki potensi berinteraksi dengan hormone. Tapi bahan-bahan itu tidak dicantumkan dalam label.
Salah stu bahan kimianya adalah dietil ftalat yang dicantumkan pada 12 produk dan terkait dengan kerusakan soerma yang bisa menurunkan kesuburan seseorang.
Pada studi Harvard tahun 2006 diketahii menganai bahaya dari dietil ftalat (DEP) terhadap sperma. Selain itu juga ditemukan DEP yang merupakan salah satu senyawa yang dapat mengganggu hormone.
Berdasarkan penelitian ini dicontohkan Giorgio Armani’s Acqu di Gio mengandung 7 senyawa yang bisa berinteraksi dengan estrogen ( hormone perempuan ), androgen (hormon laki-laki) atau keduanya . penelitian ini dilakukan oleh konsumen advokasi nirlaba Enviromental Working Group.
“ Kami tidak tahu bagimana bahaya dari penggunaan berulang cologne atau pafum ini, karena penekanan yang dilakukan dalam industry ini bukan bukan pengujian jangka panjang,” ujar peneliti Dr Olga V. Naidenko, seperti dikutip dari AOLHealth, Rabu ( 26/05/2010).
Dr. Neidenko menuturkan penggunaan yang jarang mungkin akan menunjukan hasil yag baik-baik saja.
Tapi Karena bahan kinia ini terdapat banyak dalam banyak produk, maka ada kemungkinan dari waktu ke waktu akan terakumulasi dan memiliki efek yang buruk di dalam tubuh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahiu berapa banyak bahan kimia yang digunakan dalam cologne dan parfum yang diuji dipilih secara random.
Wewangian dari American Eagle Outfitters yang dikenal dengan AE77 memiliki bahan kimia yang paling banyak tidak tercantum di label yaitu sekitar 24 senyawa, diikuti oleh Coco Channel dengan 18 bahan kimia rahasia.
Sementara Dolce and Gabana Light Blue memiliki paling sedikit bahan kimia rahasia yaitu hanya 7 senyawa. Sentawa DEP yang digunakan sebagai pelarut dan menciptakan bau khusus dalam produksi wewangian ini merupakan salah satu bahan yang tidak terdaftar, tapi bukan berate senyawa ini tidak berbahaya. Pada study ini juga menjelaskan bahwa senyawa galaxolide dan tonalide bisa menyebabkan ganguan pada hormone estrogen dan androgen.
“ Kami ingin mendorong peraturan yang lebih ketat mengenai produk wewangian ini, salah satunya adalah harus mencantumkan setiap bahan yang digunakan pada label. Karena orang harus tahu apa yang terjadi arau bahan apa yang dimasukan ke dalam tubuhnya. Bahan yang digunakan harus sudah diuji secara menyeluruh untuk menentukan keamanannya. Hal ini untuk memeperkecil resiko bahaya yang mungkin timbul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar