Selasa, 27 April 2010

delapan penyakit keturunan

DELAPAN PENYAKIT KETURUNAN

semua orang pasti selalu menginginkan tubuh yang sehat dan terbebas dari segala macam penyakit. Tapi ada beberapa penyakit tertententu tidak bisa dicegah keberadaannya dikareanakan penyakit itu adalah penyait genetic atau keturunan.
Penyakit keturunana adalah suatu penyakit kelainan genetic yang berasal dari orang tua kepada anaknya. Namun ada sebagia orang tua yang hanya bertindak sebagai pembawa sifat (carrier)saja dan penyakit seperti ini muncul setelah dipicu oleh lingkungan dan gaya hidupnya. Bagi orang tua yang memiliki penyakit genetic lebih baik lagi untuk memeriksakan anaknya.
Ada beberapa penyakit keturunan yang secara otomatis diturunkan keanak atau generasi berikutnya :
• Hemofolia : penyakit keturunan akibat kekurangan faktor pembekuan darah 8 atau 9. Pembekuan darah ini terdapat di kromosonm X, sehingga hemofolia sebagian besar adalah laki-laki dan perempuan hanya sebagai pengantar saja.

• Buta warna : penyakit pada bagian mata atau penglihatan karna ketidak mampuan melihat perbedaan antara beberapa warna , penyakit ini diwariskan dari mutasi genetika kromosom X.dan ada penyebab lainnya seperti kerusakan mata, syaraf dan otak akibat pengaruh dari bahan kimia tertentu.

• Diabetes Melitus : penyakit ini memiliki hubungan yang kuat dengan keturunan, dan penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah akibat insulin dalam tubuh yang tidaksecara optimal. Dalam darah yang peroleh dari orang tuanya akan memiliki kecenderungan kuat untuk mengembabgkan diabetes tipe 1 sedangkan diabetes tipe 2 akan muncul digenerasi berikutnya dan disertai penyakit lain seperti obesitas, hipertensi atau gaya hidup tak sehat yang dapat menggangu fungsi sel-sel beta didalam darah.
• Thalasemia : kelainan darahkarena hemoglobin darah mudah sekali pecah. Penyakit ini diturunkan oleh orang kedua orang tuanya adalh pembawa sifat (carrier). Akibat kelainan ini mengakibatkan anak terkihat agak pucat dan harus mendapatkan transfuse darah secara teratur agar hemoglobin tetap normal.

• Kebotakan : penykit ini merupakan alah satu dari penyakit keturunan, apa bila ayahnya botak maka salah satu dari anaknya pasti akan botak juga karna adnya gen yang diturunkan.gen APCDDI yang menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga akan menipis.

• Alergi : 70% diderita akibat pengaruh dari kedua orang tuayang memiliki bakat alergi sedang bial hanya salah satu orang saja maka dia akan 30% saja potensi menderita alergi.

• Albino : penyakit ini disebabkan anak tersebut mengandung gen albino dari ayah ibunya.kebanyakan penderita albino lahir dari orang tua yang memiliki gangguan dalam hal produksi malaminya.

• Asma : ini adalah salah satu penyaki keturunan yang sangat berperan adalh ibu dibandingkan dari pihak ayah.penyakit ini dipicu oleh 30% penyakit asma disebabkan oleh keturunan dari orang tuanya,namun pada beberapa asma yang terkontrol dengan baik bisa hilang saat menjelang dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar